Cara Menghemat Penggunaan Tinta Printer

Harga Tinta Printer Lumayan Menguras Kantong. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, harga printer semakin hari menjadi semakin murah, namun kebanyakan orang justru sering harus menghabiskan banyak biaya dalam hal tinta printer. Anda boleh baca tips di bawah ini untuk mengetahui Cara Menghemat Pengunaan Tinta Printer.

Beberapa perusahaan memberikan harga yang lebih murah untuk tinta dibandingkan perusahaan lain, namun ada hal lain yang dapat memotong anggaran pengeluaran anda : penghematan.

Tentunya menjadi hal yang mudah dalam mengganti tinta printer yang telah habis, namun anda hanya perlu sedikit usaha untuk menghematnya.

Jumlah penghematan yang anda rasakan mungkin terasa sedikit pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu akan terasa penghematan yang anda lakukan.

Jika anda ingin menghemat tinta printer, kuncinya adalah mengurangi jumlah tinta yang anda gunakan.

cara menghemat tinta printer

Berikut beberapa tips yang bermanfaat dalam menghemat tinta yang tentunya juga menghemat pengeluaran anda:

  • Gunakan mode ekonomis (economy mode). Sebagian besar printer memberikan pilihan mode “economy” atau “draft” pada bagian properties printer anda. Ini berarti anda akan mendapatkan hasil dengan kuailitas yang tidak terlalu tinggi, tetapi anda dapat menghemat pengeluaran tinta.Gunakan economy mode untuk mencetak dokumen yang tidak terlalu penting dan tidak untuk dipresentasikan seperti surat tidak formal dan sebagainya. Sebagai tambahan anda dapat mencetak dengan lebih cepat dan hasil cetak lebih cepat kering.
  • Cetak hanya bagian yang anda perlukan. Hati-hati untuk tidak mencetak seluruh bagian dari dokumen multi-page padahal anda hanya memerluka satu atau dua halaman saja. Aplikasi word processing dan program lainnya untuk untuk memilih print range dari dokumen anda.Ini sangat penting ketika anda ingin mencetak halaman dari internet. Seringkali saat anda akan mencetak sebuah halaman web, anda akan menerima banyak link, logo dan iklan yang tidak anda butuhkan di bagian akhir web, dan seringkali tercetak pada halaman yang berbeda.Untuk menghindarinya gunakan print preview untuk melihat halaman mana yang berisi bagian yang tidak anda butuhkan, lalu hilangkan dari print range yang ingin anda cetak.
  • Goyangkan kartrid. Ketika printer anda memperingatkan bahwa tinta kartrid sudah dalam kondisi low, bukan waktunya untuk mengganti kartrid. Keluarkan kartrid dari printer anda kemudian goyangkan dari sisi ke sisi, kemudian pasang kembali.Hal ini akan mendistribusi ulang sedikit tinta yang masih ada di dalam dan anda akan mendapatkan beberapa halaman tambahan yang dapat dicetak. Anda bahkan dapat mengulanginya beberapa kali untuk mendapatkan lebih banyak halaman.
  • Jangan matikan printer pada pertengahan cycle. Jangan pernah mematikan printer sebelum dia menyelesaikan cycle. Jika anda mematikan printer pada saat kartrid masih bergerak, printer head akan dipaksa berhenti pada posisi dimana anda mematikan printer. Hal ini akan menyebabkan nozzle kering dan terjadi kebocoran tinta.
  • Biarkan printer anda hidup. Jika anda berfikir untuk menggunakan lagi printer dalam waktu dekat, lebih baik untuk membiarkannya tetap hidup daripada berulang-ulang menghidupkan dan mematikan printer.Printer anda akan menggunakan sedikit tinta pada saat proses inisialisasi pada saat dihidupkan.
  • Gunakan black-only mode. Jika anda memiliki printer yang menggunakan kartrid hitam dan warna, dan anda ingin mencetak dokumen hitam-putih, jangan lupa untuk mengganti properties printer anda ke mode black-only.Mengapa? Walaupun anda hanya mencetak dokumen hitam-putih, beberapa printer secara otomatis akan mencampurkan tinta warna dengan hitam untuk mencetak dokumen.Seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin tinta warna anda habis padahal anda tidak mencetak warna.
  • Jangan melakukan head cleaning atau print head alignment kecuali memang sangat dibutuhkan karena akan menghamburkan tinta printer.
  • Gunakan ecofont. Ecofont memiliki lubang di setiap hurufnya sehingga dapat menghemat penggunaan tinta anda hingga 20% dibandingkan font standar.
  • Pertimbangkan tentang software penghemat tinta. Beberapa perusahaan memproduksi software penghemat tinta, dan beberapa dapat anda download secara gratis di internet.Program ini umumnya bekerja dengan mengoptimalkan data printer sehingga anda dapat mengurangi penggunaan tinta walaupun mencetak dokumen dengan resolusi tinggi.

Ingat, seperti yang Earl Wilson pernah katakan “Uang di bank seperti tusuk gigi dalam tabung : mudah dikeluarkan tetapi sulit untuk dimasukkan.” Jangan terus-menerus menghamburkan uang anda untuk menghamburkan tinta printer.

Add your comment

Butuh Bantuan Pemesanan?

Ingin Bertanya Mengenai Produk? Hubungi Kami Melalui WA/SMS : 08.5959.03.0777 | BBM : 58A05D61 | Email : [email protected]

Garansi Resmi

Semua Printer Yang dijual di JagoanPrinter.com, merupakan Produk Baru Original dan Bergaransi Resmi Produsen Terkenal seperti Printer HP, Canon, Epson, Fuji Xerox, dan Brother.

Free Ongkir

Dapatkan Promo Free Ongkir Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi - Untuk Produk Tertentu dgn Syarat dan Ketentuan Berlaku