Perkembangan Printer Dari Masa Ke Masa

Perkembangan Printer

Printer berasal dari kata print yang berarti cetak, dengan demikian printer adalah sebuah alat untuk mencetak. Dalam dunia komputer, printer termasuk perangkat peripheral output yang menyajikan representasi tulisan atau grafis pada sebuah kertas atau media semacamnya.

Perkembangan printer sendiri sudah sangat pesat dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas, kuantitas maupun teknik pengoprasiannya. Maka dari itu JaPri akan sedikit menjelaskan perkembangan printer dari masa ke masa :

Printer Dot-Matrix

Perkembangan printer pertama adalah Printer dot-matrix, printer ini adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer ini suaranya cendrung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena hasil cetakan dibentuk oleh hentakan jarum pada pita yang membentuk karakter yang berupa titik-titik yang beraturan.

Sehingga gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan oleh beberapa orang dikarenakan printer ini awet. Pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laser jet.

Printer Dot-Matrix mulai dilirik kembali oleh beberapa orang

Pada tahun 1994 printer dot-matrix laku dipasar Indonesia sampai 90%, mungkin ini dikarenakan saat itu printer itulah yang paling murah dibandingkan printer lain.

Disamping kebutuhan pasar masih sangat terbatas dan kemudian pasar printer ini makin lama makin terprosok pada tahun 1995 sampai 68%, 1996 tinggal 47% dan pada tahun 1997 hanya 28% itu karena tuntutan aplikasi yang semakin canggih, dan orang semakin membutuhkan pencetak berkualitas tinggi.

Namun, pasar dot-matrix tidak pernah benar-benar mati karena ada kebutuhan khusus yang tidak dapat digantikan oleh kedua teknologi lain, yaitu inkjet dan laser.

Printer Dot-Matrix Epson

Printer merk epson yang paling banyak dipakai saat ini adalah LX-310, biasanya untuk kantor kecil atau kantor pribadi, dan LQ 2190 untuk kantor dengan kebutuhan cetak yang lebih besar, sedangkan seri DFX biasanya dipakai untuk tugas-tugas yang lebih berat. Dan dari segi penjualan, printer dot-metrix merk epson memang mulai meningkat sejak kuartal 4 tahun lalu.

Namun seiring berjalannya waktu, Printer Epson mengeluarkan generasi terbarunya yaitu LX-310 , setelah 3 generasi sebelumnya LX-300,LX-300+,dan LX-300+II , semua generasi ini laris dan terus bertebaran di indonesia , lebih populer lagi pada kalangan pebisnis retail , bagian administrasi , accounting , dan perpajakan .

Printer Inkjet

Perkembangan teknologi Inkjet memperluas pilihan printer personal, teknologi inkjet berkembang lebih cepat dibandingkan dengan teknologi jenis printer lainnya. Hal ini dibuktikan dengan lebih seringnya muncul printer inkjet dibandingkan dengan printer lain.

Teknologi inkjet masih memberikan peluang perkembangan yang lebih luas, seperti peningkatan kecepatan, warna dengan resolusi yang tinggi, sehingga printer inkjet identik dengan printer personal mungkin perlu dikoreksi. Printer inkjet digunakan untuk jaringan, namun sementara printer personal didominasi oleh printer inkjet.

Perkembangan printer inkjet telah memberikan pengaruh besar dikalangan pemakaian printer personal. Orang berbondong-bondong lari ke teknologi printer inkjet karena dengan printer inkjet pemakai memang bisa mendapat semaksimal mungkin kualitas yang baik dalam mencetak warna, dan harga juga terjangkau.

Printer Inkjet HP

Perkembangan teknologi inkjet telah memberikan pengaruh besar dikalangan pemakai printer personal. Kemampuan-kemampuan baru, seperti kemampuan mencetak diatas berbagai ukuran dan media (kertas, kartu, dan T-shirt), hasil cetakan berkualitas foto, serta printer multifungsi yang baru diperkenalkan HP (Hewlett Packard) serta Canon (dapat mencetak dan menscan) telah memberikan pilihan yang lebih bagi pemakai personal.

Biasanya para pengguna printer rumahan sering mengeluhkan mengenai biaya cetak yang mahal, oleh karena itu, HP memperkenalkan teknologi baru mereka yg terdpat pada printer-printer keluaran terbaru yaitu  printer HP Ink Advantage. Apakah yang dimaksud dengan teknologi Ink Advantage?.

Printer HP INK Advantage adalah teknologi cetak pada printer HP dimana user bisa mencetak dengan kuantitas yang lumayan banyak namun dengan biaya yang sangat terjangkau. Disini cartridge original (tinta printer) bisa di dapatkan dengan harga yang relatif murah tanpa mengorbankan kualitas cetak.

Dengan Printer dan Tinta HP INK Advantage, anda akan memperoleh manfaat harga terjangkau, keandalan, serta kualitas dalam pengalaman mencetak.

Kelebihan dari Printer HP Ink Advantage adalah:

  • Harga yang terjangkau, yaitu dengan harga Rp.88.000,- / kartrid anda dapat mencetak sampai dengan 600 halaman dokumen.
  • Berkualitas, dengan dual drop weight technology yang digunakan di Katrid Tinta Printer Original HP, sekarang dengan mudah, dan bisa mencetak dengan kualitas terbaik untuk foto dan dokumen Anda.
  • Dengan HP Ink Advantage Sistem, sekarang bisa mendapatkan solusi cetak yang andal dan terjangkau. HP selalu menjadi yang terdepan di bisnis printer, oleh karena itu Anda tidak perlu ragu tentang konsistensi dan performa HP yang sempurna.
  • Printer HP INK Advantage memberikan kemudahan dan tidak perlu perawatan yang merepotkan, cukup hanya mengganti Tinta Kartrid saja dan Anda mendapatkan keuntungan dan Penghematan biaya cetak yang Murah dan kualitas cetak yang maksimal.
  • Untuk setiap unit printer di beri garansi resmi oleh HP Indonesia selama 1 tahun dengan penggantian unit printer apabila terjadi kerusakan pada Printer.

Beberapa printer HP Terbaru yang menggunakan sistem Ink Advantage adalah HP DeskJet Ink Advantage 3835 dan HP Deskjet Ink Advantage 2135

Printer Canon

Dengan kemajuan teknologi, pengetikan sebuah dokumen dari komputer bisa kita cetak dengan mudah dengan sebuah alat printer. Salah satu produsen yang menyediakan alat tersebut adalah Canon, yang dari dulu sudah dikenal mempunyai produk alat printer untuk single/perorangan dan perkantoran.

Saat ini ada yang namanya Printer inkjet, printer jenis ini bisa kita dapatkan dengan harga yang lumayan terjangkau, warna yang dihasilkannya mempunyai resolusi yang tinggi. Untuk penempatan dan penisian tinta bisa dilakukan dengan cara infus menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

Beberapa contoh printer  canon yang termurah yaitu Pixma iP2770 dan ip2870/iP2872 dengan harga 635rb an saja. Canon sendiri menyediakan 3 macam varian inkjet printer untuk single, office, dan yang pro

 

Printer Laser Jet

Printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infrared.

Selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibanding dengan jenis printer dot-matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy. contoh Printer Laset jet adalah Printer HP LaserJet Pro MFP M377dw

Printer laser minolta

Printer laser minolta yang hampir dua tahun bermain di Idonesia, mencoba memasuki segmen workgroup dan personal dengan jajaran printer laser. Generasi pertama printer laser minolta adalah PagePro 6 yang ditujukan untuk pemakaian personal.

Menyusul kemudian PagePro 6L dan PagePro 6e yang diluncurkan pertengahan tahun lalu. PagePro seri 6 yang menjadi saingan HP laserjet 6L memiliki kecepatan mencetak 6ppm, dan mampu mencetak diberbagai jenis kertas pada berbagai ukuran.

Minolta menambahkan teknologi Fine-Advance Resolution Technology pada seri PagePro sehingga printer 600dpi itu mampu mencetak sekualitas 1200dpi. Sedangkan PagePro 6L memungkinkan mencetak beberapa halaman dalam satu lembar kertas. Kemampuan ini tentunya menghemat toner serta kertas.

Printer Ink-Tank

Perkembangan Printer berikutnya adalah Printer Ink-Tank. Printer ink-tank adalah printer yang memiliki tabung tinta atau ink tank yang berguna untuk tempat menyimpan tinta sementara sebelum akhirnya keluar dan diproses menuju head catridge.

Pada umumnya ink tank ada dua macam yaitu ink tank yang menyatu di catridge dan ink tank yang berada di luar printer. Cara kerja tabung tinta infus pada printer dapat berjalan jika printer dan posisi tabung infus harus sejajar, contoh printer Ink-Tank yaitu Printer HP GT 5810 dan HP GT 5820.

Multi Function Printer (MFP)

 

Perkembangan Printer selanjutnya adalah Printer Multi Fungsi (MFP). Printer multi fungsi atau multi function printer (MFP) merupakan printer yang dapat melakukan berbagai fungsi sekaligus yakni printer, scanner, photocopier, fax dan dan juga email. Printer multifungsi adalah jenis printer yang digunakan untuk menggambarkan perangkat printer serbaguna (all in one/multifungsi).

Fungsi printer multifungsi bukan lagi hanya sebagai alat cetak, akan tetapi juga difungsikan lain seperti scanner, fax, telephone, atau lainnya. Secara sederhana, jenis printer multifungsi akan mencukupi macam kebutuhan anda hanya dengan satu prangkat.

Jangan pernah membeli printer multifungsi atau jenis printer lainnya sebelum mencobanya terlebih dahulu. Printer multifungsi ini sudah digunakan secara luas kepada masyarakat.

Karena harga printer multifungsi yang relatif terjangkau dan fiturnya yang lengkap membuat banyak masyarakat yang semula mempunyai printer biasa lalu beralih ke printer muktifungsi ini.

Printer multifungsi ini menawarkan berbagai keunggulan yang luar biasa. Kelebihan dan kekurangan printer multifungsi menjadi daya tarik masyarakat.

Dari segi kualitas, jenis dan fungsi printer multifungsi diidentifikasi dengan fitur-fitur pendukungnya seperti kualitas warna, kecepatan cetak, resolusi cetak, dan lain sebagainya.

Printer multifungsi hadir dengan fungsi multiguna yaitu kombinasi printer, scanner, mesin fotokopi, faks, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbeda ada berbagai printer multifungsi yang tersedia di pasaran dan dapat bekerja di berbagai jenis teknologi saat ini.

Printer multifungsi merupakan salah satu jenis printer yang paling populer. Printer multifungsi juga paling banyak digunakan di perkantoran.

Printer multifungsi memiliki banyak fitur yang mendukung kinerjanya, diantaranya yaitu fax dan automatic document feeders. Fungsi fax adalah fungsi dari printer multifungsi yang harus diperhatikan baik-baik.

contoh printer MFP yang memiliki kualitas terbaik adalah Printer Canon Pixma E560, Printer Canon Pixma Ink Efficient E400, Printer HP Deskjet 1510 All-in-One, Printer Epson L200 All-in-One, Printer Epson L350 All-in-One, Printer Epson L550 All in One

 

Itulah beberapa perkembangan printer dari masa ke masa sobat JaPri, selain itu ada beberapa printer yang memiliki fungsi yang unik juga lohh, Semoga dengan membaca artikel ini sobat JaPri menjadi lebih bertambah wawasannya tentang perkembangan printer dari masa ke masa.

Add your comment

Butuh Bantuan Pemesanan?

Ingin Bertanya Mengenai Produk? Hubungi Kami Melalui WA/SMS : 08.5959.03.0777 | BBM : 58A05D61 | Email : Sales@JagoanPrinter.com

Garansi Resmi

Semua Produk Yang dijual di JagoanPrinter.com, merupakan Produk Baru Original dan Bergaransi Resmi Produsen Terkenal seperti HP, Canon, Epson, Fuji Xerox, dan Brother.

Free Ongkir

Dapatkan Promo Free Ongkir Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi - Cukup Dengan Berbelanja dengan Nilai Tertentu di JagoanPrinter.com