Penasaran? Yuk Cek Perbandingan Printer Laser VS Printer Ink Tank

Perbandingan Printer Laserjet VS Printer Ink Tank

Bagi Sebagian besar pengguna printer, ketika akan membeli printer pasti terbesit pertanyaan di benak mereka, apakah ingin membeli printer ink tank atau printer Laser.

Sebenarnya kedua tipe printer tersebut sama-sama bagus, namun memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan berdasarkan fitur dan kemampuan yang dibutuhkan oleh sobat.

Mungkin sobat banyak pertanyaan mengenai Kelebihan & Kekurangan Printer Laserjet dibanding Printer Ink Tank System (Infus/CISS) Original bawaan produsen printer seperti Epson L series, Canon G series, HP GT series dan lainnya, oleh karena itu kami coba sedikit beri penjelasan sebagai tambahan referensi.

Printer Laserjet

Perbandingan Printer Laserjet VS Printer Ink Tank

Printer laserjet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya dengan tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah.

Jika printer lebih sering dipakai untuk cetak banyak sekaligus, misalnya cetak hingga 1000 lembar sekaligus nonstop full colour kami lebih menyarankan penggunaan Printer Laserjet.

Dikarenakan mekanik printer laserjet lebih kuat/rigid dibanding jika memakai Printer Ink tank system, karena printhead akan cepat panas karena digunakan sekaligus nonstop serta lebih memakan waktu terutama jika menyetak full colour.

 

Kelebihan Printer Laserjet

  • Memiliki kualitas cetak yang tinggi, sehingga hasil cetakan terlihat bagus dan jelas.
  • Tulisan tidak mudah luntur karena air. Karena menggunakan teknologi khusus, maka akan membuat hasil cetak tulisan tidak mudah luntur saat terkena air.
  • Kecepatan cetak yang cukup tinggi. Tak hanya menghasilkan hasil cetak yang tinggi, printer ini juga mampu mencetak dalam waktu yang cepat.
  • Mampu mencetak dengan kertas dari berbagai ukuran. Ini tentu akan sangat menguntungkan bagi sobat ketika ingin mencetak dokumen sesuai kebutuhan, mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar.
  • Biaya pengadaan cenderung rendah, hal ini dikarenakan kebutuhan tinta relatif kecil.
  • Memiliki daya tahan lama. Walaupun printer tidak digunakan dalam waktu lama dan hanya didiamkan saja, printer ini tidak akan mudah rusak.

Ketika digunakan kembali masih dapat menghasilkan hasil cetakan yang berkualitas. Hal ini dikarenakan toner yang digunakan memang bersifat kering.

Berbeda dengan tinta Inkjet yang bersifat cair dan ketika mengering tidak dapat digunakan karena head (kepala printer) tersumbat oleh tinta yang mengering).

 

Kekurangan Printer Laserjet

Selain kelebihan, printer berteknologi laser juga memiliki kekurangan diantaranya:

  • Harga printer laser warna lebih mahal daripada ink jet warna.
  • Harga kartrid toner yang lebih mahal.
  • Ukuran yang lebih besar, walaupun semakin lama ukuran printer laser semaki mengecil, tetap saja mereka lebih besar dibandingkan dengan printer inkjet dan tidak muat diletakkan di tempat yang sempit.
  • Lebih mahal untuk mencetak warna, printer laser dapat menghasilkan hasil cetak warna yang baik namun dengan harga yang lebih mahal per lembarnya,para pengguna cenderung memilih printer inkjet karena harganya yang lebih murah.

Printer Ink Tank

Perbandingan Printer Laserjet VS Printer Ink Tank 1

Yang dimaksud dengan teknologi ink tank system adalah modifikasi bawaan produsen pada sistem printer agar bisa menggunakan tinta lebih banyak, menggunakan wadah tabung pada bagian luar body printer.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengisian tinta printer dan menghemat ongkos cetak. Jika pemakaiannya banyak dan tidak sekaligus, misal 1000 lembar dalam beberapa hari bisa menggunakan Printer Ink Tank System.

Karena biaya cetak yang lebih hemat, tetapi jika printer jarang dipakai harus di test print minimal 1-2minggu sekali agar sirkulasi tintanya tetap stabil.

 

Kelebihan Printer Ink Tank

  • Dapat mencetak hitam dan warna dalam jumlah banyak.
  • Lebih hemat biaya cetak per lembarnya karena menggunakan tinta cair.
  • Mempermudah dalam pengisian tinta. Karena letak tabung tambahan terdapat di luar printer membuat pengisian tinta dapat dilakukan secara langsung Tanpa perlu repot mengambil cartridge dari dalam printer dan di isi ulang.
  • Lebih mudah untuk mengetahui kondisi isi tinta. Karena posisi tabung tambahan berada di luar printer jika isi tinta tinggal sedikit atau habis sehingga bisa dilakukan proses isi ulang

Kekurangan Printer Ink Tank

  • Garansi pada printer akan hilang dan tidak berlaku jika kondisi printer sudah dirubah dan tidak seperti aslinya untuk printer yang masih standar/tidak modifikasi.
  • Printer modifikasi disarankan digunakan rutin karena jika dibiarkan dan tidak digunakan secara rutin, akan ada angin yang masuk di dalam selang modifikasi sehingga mengakibatkan penyumbatan aliran tinta menuju cartridge.
  • Tabung infus rawan kemasukan debu dan kotoran karena posisi tabung berada di luar yang itu bisa mengakibatkan penyumbatan pada tinta.
  • Membutuhkan perawatan ekstra, karena semakin tinggi frekuensi cetak, kemungkinan terjadi error semakin besar.

Sebelum memilih printer yang akan sobat beli, tidak ada salahnya jika sobat mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Biaya Awal

Saat ini sangat banyak dipasaran printer laserjet basic yang harganya tidak terpaut jauh dengan printer inkjet. Sangat penting sebelum membeli printer sobat pertimbangkan dulu budget yang dimiliki termasuk budget untuk membeli katrid maupun isi ulangnya.

  • Biaya Selanjutnya

Ketika sobat terus menggunakan printer selama jangka waktu tertentu, sobat harus mempersiapkan beberapa kebutuhan penunjang print seperti kertas dan tinta atau toner.

Biaya operasional printer yang biasa disebut Cost PerPage atau biaya cetak perlembar bisa dihitung menggunakan rumus “Harga TINTA atau TONER” dibagi “Jumlah hasil cetak” . Belum termasuk biaya pembelian kertas.

  • Kecepatan Cetak

Jika kebutuhannya hanya mencetak teks Hitam Putih saja, printer laserjet adalah pilihan yang tepat. Meskipun laserjet monochrome dengan harga termurah, namun mampu memberikan kecepatan +/- 20 Lembar perMenit.

Tentu saja kecepatan ini tidak akan didapat dari printer inkjet yang hanya mampu mencetak sekitar 6 lembar perMenit.

  • Kualitas Cetak Teks

Untuk ukuran cetak normal (sekitar 12pt dan lebih besar) kualitas pencetakan teks serupa antara platform cetak laser dan inkjet.

Namun, jika kebutuhan pencetakan sobat termasuk mencetak huruf kecil maka laser lebih unggul daripada printer inkjet, karena teknologi peleburan lebih baik cocok untuk kurva menit dan titik-titik teks kecil.

  • Ukuran

Ukuran terkadang menjadi pertimbangan penting bagi sebagian pengguna. Jika sobat mencari printer yang sesuai dengan ruang kecil di atas atau di bawah meja, sulit untuk melewati printer inkjet.

Namun, jika Anda tidak memerlukan Scan ataupun Copy, laserjet single function mungkin cukup kecil untuk memenuhi kebutuhan cetak sobat.

Kedua jenis printer diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, membutuhkan penanganan berbeda dan masing-masing jenis printer ini diproduksi untuk kebutuhan cetak yang berbeda.

Demikian pembahasan mengenai perbandingan printer laserjet vs printer ink tank. Pastika sobat berhati-hati dalam memilih printer, pilihlah printer yang sesuai kebutuhan sobat.

Add your comment

Butuh Bantuan Pemesanan?

Ingin Bertanya Mengenai Produk? Hubungi Kami Melalui WA/SMS : 08.5959.03.0777 | BBM : 58A05D61 | Email : [email protected]

Garansi Resmi

Semua Printer Yang dijual di JagoanPrinter.com, merupakan Produk Baru Original dan Bergaransi Resmi Produsen Terkenal seperti Printer HP, Canon, Epson, Fuji Xerox, dan Brother.

Free Ongkir

Dapatkan Promo Free Ongkir Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi - Untuk Produk Tertentu dgn Syarat dan Ketentuan Berlaku